Friday, 14 December 2012

Biografi Ibn Tufail




Latar Belakang

  • Ibnu Thufail mempunyai nama lengkap Abu Bakar bin Abdullah Malik bin Muhammad bin Thufail al-Qadisi al-Andalusi.
  • Orang Barat biasa memanggil dengan sebutan 'Abubacer'.
  • Beliau lahir pada dekad pertama abad ke-6 H/ke-12 M di Guandix, sebuah kota kecil di Spanyol kira-kira 60 km utara Granada dan termasuk keluarga dari suku Arab Qais.
  • Setelah dewasa, Ibnu Thufail berguru dengan Ibnu Bajjah, seorang ilmuwan besar yang memiliki banyak keahlian.
  • Di bawah bimbingan Ibnu Bajjah yang mempunyai banyak ilmu, Ibnu Thufail berkembang menjadi seorang ilmuwan besar.
  • Beliau adalah seorang ahli falsafah, doktor, novelis, ahli agama, dan penulis.
  • Beliau menguasai ilmu hukum dan ilmu pendidikan serta termasyhur sebagai seorang ahli politik ulung sekaligus ahli falsafah Muslim kedua terpenting (setelah Ibnu Bajjah) di Barat
  • Awalnya beliau adalah seorang ahli dalam bidang kedoktoran dan menjadi terkenal dalam bidang tersebut.
  • Kepintaran beliau sebagai seorang doktor membuatnya terkenal di dalam pemerintahan sehingga beliau diangkat sebagai setiausaha oleh Gabenor Granada.
  • Kemudian beliau dipindah menjadi setiausaha peribadi Gabenor Ceuta.
  • Nama beliau kian terkenal sehingga beliau diangkat oleh Abu Ya'qub Yusuf Al-Manshur, khalifah daulah Muwahhidin, menjadi doktor peribadi sekaligus sebagai wazir khalifah.
  • Khalifah juga meminta Ibnu Thufail untuk menguraikan buku-buku Aristoteles.
  • Kemudian beliau mengajukan Ibnu Rusyd, salah seorang muridnya yang berjaya, untuk memenuhi tugas tersebut.
  • Thufail juga dipercaya Sultan Dinasti Muwahiddun untuk menduduki jabatan menteri hingga menjadi gabenor untuk wilayah Sabtah dan Tohjah di Magribi.
  • Ketika usia beliau sudah lanjut, beliau meminta berhenti dari jabatannya.
  • Meskipun sudah bebas dari jabatan, tapi penghargaan Abu Ya'kub masih seperti dulu bahkan setelah khalifah Abu Ya'kub meninggal dan diganti oleh putranya Abu Yusuf Al-Mansyur penghargaan tersebut masih diterima oleh Ibnu Thufail.




Karya

  • Ibnu Thufail sebenarnya mempunyai banyak karya baik dalam bidang falsafah mahupun bidang yang lain (fizik dan sastera).
  • Hasil karya beliau antara lain Risalah fi Asrar al-hikmah al-Masyriqiyah (Hayy Ibn Yaqzhan) Rasa'il fi an-Nafs, Biqa' al-Maskunnah wa Al-Ghair al-Maskunnah.
  • Selain itu beliau juga memiliki beberapa buku tentang kedoktoran serta risalah berisi kumpulan surat-menyurat yang beliau lakukan dengan Ibnu Rusyd dalam berbagai persoalan falsafah.
  • Ibnu Rusyd mengatakan bahwa Ibnu Thufail mempunyai pemikiran-pemikiran cemerlang dalam ilmu falak.
  • Sayangnya semua hasil karya beliau tidak ada yang tersisa kecuali risalah Hayy ibn Yaqzhan.

Akhir Hidup

  • Ibnu Tufail meninggal dunia pada tahun 1185 M di Maroko.
  • Hingga kini, namanya tetap abadi melalui karya penulisan yang dihasilkannya.
  • Dunia Barat tetap menghormati dan mengaguminya sebagai seorang ilmuwan hebat.



1 comment:

  1. Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















    Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI

    ReplyDelete

 
All right reserved to Persatuan Mahasiswa Pengajian Akidah Dan Agama. Template by Perwadah USIM